Oli merupakan kebutuhan vital bagi kendaraan bermotor. Setiap pengguna motor/mobil musti selalu rajin mengganti oli-nya secara teratur dan berkala. Hal itu juga yang aku lakukan sebagai pemilik dan pengguna kendaraan bermotor, kuhusnya motor roda dua.
hehe. sedikit intermezo, setiap hari untuk menuju kampus (UGM) dari rumah ak selalu mengandalkan alat transportasi yg bernama "motor". Motor yg aku pake adalah motor jadul/cc kecil Honda new suprafit tahun 2004 warna orrange keemasan, warna khas ciri khas supra fit pada jaman2 kejayaanya -.- . Motor ini selalu setia menemaniku kemanapun ak pergi berpetualang sejak dari kelas 3 SMP.
Meskipun berkapasitas mesin kecil (100 cc), tapi motor ini gak bisa diremehin. Dulu waktu jaman hobi touring, nih motor uda perna sampe Cirebon (dari Semarang)
Back to topic, kemaren pada saat perjalanan pulang, sesaat ak mengecek panel speedometer dan bla bla nya itu. Ak baru sadar kalau ternyata oli yang aku pake uda tembus 2500 km, melebihi siperaturanku untuk rutin mengganti oli saat 2000 km. Emang sih, biasanya orang2 ganti oli saat 4000km/5000 km , tapi berhubung aku pake oli 10w/40 untuk balap, sebaiknya ganti oli lebih pendek dr orang umum.
nah, langsung deh mampir ke bengkel pinggir jalan. Aku tanya ke penjualnya, ada oli apa aja yg dijual dan masing-masing harganya. Biasanya aku pake pertamina enduro atau shell advance, tp berhubung bosen dan pengen nambah pengalaman merek oli, akhirnya aku coba merek lain. Tiba-tiba si koh nya penjual toko nrocos nawarin aku oli termahal di bengkel itu, namanya " UNIOIL" - 20w/50. Menurut pengalamn si yang punya bengkel ini , oli ini masih bening pada 5000km (nb : jika oli menghitam tanda oli sudah rusak terbakar). Aku kaget waktu itu, ini bapaknya nglantur atau gimana, biasanya ganti oli 2000km aja oli yg paling mahal pun sudah item -_- . Apalagi merek yang ditawarin merek baru, ak gak pernah denger dan liat di bengkel lain. Kemasannyapun juga unik, pake kaleng, oli-oli yg lainnya biasanya pake kemasan wadah plastik. Udah gitu, harganya paling mahal, 50 ribu untuk 1 kaleng 1L Unioil . Yauda deh ak beli aja , sekalian minta tlg montir nya nggantiin tuh oli.
penampakan kemasan olinya
sesampainya di rumah, aku cari di internet tentang apapun mengenai oli bermerek unioil ini.
Aku pengen nyari review dr orang2 yg udah make, ataupun informasi dari website resminya.
Tapi hasilnya adalah nihil, gak ada informasi apapun mengenai oli ini. Yang ada adalah oli dengan merek yang hampir sama , yaitu union oil, bukan unioil.
Lalu aku coba tanya-tanya ke bengkel lain, dan gak ada satupun bengkel yang menjual oli ini di daerah jalan kaliurang dan jalan tentara palagan.
Saking penasarannya, aku baca tulisan yang ada di kalengnya . Disitu tertulis dalam bahasa inggris "oli ini sudah terbukti direkomendasikan oleh berbagai pabrik mobil''.
Jadi ini oli mobil apa motor sebenernya -.-
Jadi ini oli mobil apa motor sebenernya -.-
rencana lebih lanjut, aku mau nyoba dulu nih oli sampe 1500km dulu, apakah masih bagus apa egak. Nanti reviewnya aku post disini. Sampai saat ini (2 hari semenjak ganti oli) yg aku rasakan adalah suara mesin motor menjadi lebih halus namun tarikan lebih lambat. Mungkin karena oli ini lebih kental daripada yg aku pakai (Enduro 4T Racing 10W/40) yang emang diformulasikan untuk mesin motor yang dipakai untuk kecepatan tinggi atau balap. Kelebihan dari oli lebih kental adalah dia lebih awet dan mampu melindungi mesin lebih pada saat kinerja yang berat.
Kalau nih oli ntar 1500km udah rusak, aku bakal beralih lagi ke oli kesayangan,
enduro 4t racing
10 komentar:
kok beda yah mas bro, tipenya sama oli unioil yang biasa gw pake buat motor, itu kaya gambar oli yg jenisnya buat mobil deh
soalnya gw beli sekitar 32rb an oli unioilnya, dan gw lebih suka yg SAE 20W-40 Power MaxMatic
maklum buat motor matic :p
dulu sering pake shell yg scooter ax7 sama yamalube yg power matic, tapi pas dibengkel langganan liat ada oli unioil trus liat speknya yg udah synthetic base jadi pengen nyoba, dan ternyata enak euy sama kaya gw pake shell yg scooter AX7, dan harga unioil lebih murah dikit dibanding shell yg dibandrol 38rb an dibengkel itu
kalo menurut gw sih selama oli itu base nya synthetic dah pasti bagus, beda kalo dibandingin sama oli yg full mineral cmiiw :D
kata mekanik bengkel gw sih unioil itu dulunya yg megang union oil di Indonesia, cuma karena mereka udah punya pabrik sendiri jadi unioil itu product asli mereka yang additive oilnya import dari luar, gitu sih katanya hihihi..
gw tinggal di Bandung mas bro dan so far dah make oli ini udah 6 bulan, abis enak sih, biasanya gw ganti oli kagak liat kilometer tapi tiap bulan abis gajian pas service motor ya gw sekalian ganti olinya, tapi waktu itu pernah kelupaan sampe sebulan lebih dan mo 2 bulan, tapi motor masih enteng aja tarikannya, jadi kalo dari gw ni oli cukup recommended lah hehe..
nice blog mas bro
Rgrds
Oli mobil itu om.. daripada oli rekomendasi pabrikan motor, jauh lebih enak ini oli.. oli motor cepet rusak.. hehhe.. salam.
Coba pakai oli Fastron Tekno (5000-8000km) aja om utk yg kopling basah, kalo matic pakai Fastron Gold (10.000km/1 tahun).
Newbi dlu
Ane juga pake unioil sharga 38rb dpsang di yamaha vixion. Tarikan enak mesin gk cpet panas msin gk brisik plus enak buat akselerasi di tikungan hhe
Udah lama aku pake oli ini buat Jupiter Z 2004'ku. Menurutku lebih recommended dibanding yamalube. Tapi kalo sampe 5000km masih bening, aku kok belum pernah ngalami ya.
Mungkin karena aku pake motor untuk jarak jauh, sekitar 240km per minggu, Malang-Gresik PP. 2 bulan aja udah hitam, meskipun suara dan kinerja mesin masih cukup bagus.
FYI, sampe akhir 2017, harga tertinggi sejauh aku beli oli ini di Malang 38ribu.
Aku pake oli ini yg tipe racing d mobil. Krn fasteon ijo cukup mahal. Hehe. Ga tau kata tukang bengkelnya oli berkurang udh pake 4900km an. Tp aku pake aja ttp.
Pengen ikut komentar mas,saya Rio dari Bogor kota
Saya pake oli unioil ini sudah sangat lama,mungkin 3tahun ya
Dengan kendaraan yang saya punya ya vespa exclusive yang ber CC 150
Alahmdullilah kendaraan saya sehat wal'afiat sampe sekarang
Setiap ada kelebihan ya ada kekurangan
Nah kekurangan yang saya rasakan kalo ketika mesin sedang berada di cuaca panas
Sepertinya oli ini cepet untuk menguap
Ya ini yang saya rasakan
dari 2010 saya pakai unioil di honda revo 110 ,alhamdulillah mesin gak cepet panas dibanding oil merk lain,tu pengalaman saya selama ini...dan sekarang tetep dg unioil saya pakai. terimakasih
dari motor beli baru thn 2003 sampe sekarang 2022 selalu pakai union atau unioil SAE 10-50W, mesin halus, nggak cepet panas dan cepet adem setelah berhenti, ganti sampe 3000an KM masih warna kuning sedikit bening dan kental, tarikan enak, pernah bongkar mesin dan dalemnya nggak berkerak alias bersih...
Posting Komentar